pakarTI game

pakarTI berikut berupa game. Game matematika yang terinspirasi oleh kuis Who wants to be a Millionaire? Soal yang disajikan adalah soal matematika SD. Pengembangan game ini didanai oleh Dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengembangan Teknologi (PKMT). Klik [download#5] untuk mendownload.

85 thoughts on “pakarTI game

  1. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap menakutkan dan sulit bagi mayoritas peserta didik,sehingga dengan adanya game matematika yang bergaya modern mak dapat menunjang minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika dan peserta didik dapat enjoy dalam mempelajarinya sehingga game matematika ini merupakan salah satu solusi untuk meminimalisir ketakutan peserta didik terhadap matematika.
    Dalam pembuatan game matematika hendaknya dari jenjang rendah (SD) hingga jenjang yang tinggi (SMA) sehingga game ini dapat dinikmati oleh semua tingkatan pelajar dan hendaknya game yang disajikan dalam pembelajaran dapat bervariasi dan tingkatan soalnya daritingkat dasar sampai ketingkat yang tinggi sehingga tidak membosankan bagi pelajar,selain itu seharusnya juga disediakan soal-soal aplikasi dalam kehidupan sehari-hari sehingga para pelajar dapat berfikir bagaimana materi yang telah diterimanya disekolah dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Blok ini sangat menarik tetapi sayangnya blog ini hanya menampilkan soal-soal bagi siswa SD, oleh sebab itu akan lebih menarik lagi jika menampilkan soal-soal bagi siswa-siswa SMP,SMA atau ke jenjang yang lebih di atasnya lagi.
    tentang model pembelajarannya,saya punya masukan, bagaimana jika tampilan permainannya di buat seperti permainan pada kuis “DEAL OR NO DEAL”, sehinggan permainan ini akan lebih seru, menantang dan menyenangkan lagi.

  3. sebetulnya untuk mengakses lumayan mudah tetapi isi dari blog ini kurang banyak…
    untuk saya yang bisa disebut masih awam masih bingung dalam mengoperasikan blog ini.
    misalnya dalam mondownload game di pakarti game ini, saya cukup kesulitan

  4. saya setuju sekali dengan adanya blog tentang pakarTI game ini,,,karena dengan ini kami_para pecinta matematika_bisa langsung mendownload soal-soal yang berhubungan dengan matematika,,slain itu kami juga bisa mendownload soal-soal UAn,SNMPTN dan CPNS…
    bener-bener SANGAT MEMBANTU!!!!!
    thanks bUUUUaNGeeeeTTTT!!!!!!!!!!

  5. Dengan adanya pakarTI berupa game ini diharapkan dapat menambah minat dan semangat siswa (khususnya SD) dalam proses belajar mengajar terutama dalam mempelajari ilmu Matematika. Dan saya harapkan pakarTI game ini dapat terus dan terus dikembangkan sehingga dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang lebih baik dan lebih manarik tentunya.

  6. keterangan dari pakarTI game diatas menurut saya sudah cukup baik, karena keterangan diatas singkat tapi mengena dimana dari keterangan tersebut para pembaca sudah dapat memahami maksut dari tulisan tersebut. dengan adanya pakarTi game mahasiswa dapat mengurangi kejenuhannya dengan bermain sambil mengasah kemampuan mereka karena pakarTI game merupakan game matematika yang disajikan dengan soal-soal matematika SDseperti yang telah diterangkan diatas. dan alangkah lebih baiknya lagi game matematika tersebut tidak hanya tersaji dengan soal-soal matematika SD saja melainkan juga soal-soal matematika tingkan SLTP dan selanjutnya sehingga permainan tersebut akan terdapat tingkatan yang akan lebih menantang.

  7. pakarTI game

    pakarTI berupa game matematika tidak hanya terinspirasi melalui kuis who wants to be a millionaire, tapi bisa juga terinspirasi melalui proses belajar mengajar agar anak didik menjadi lebih tertarik di bidang matematika. Misalnya saja dalam pelajaran dalil pythagoras, kita bisa membuat game yang beraneka ragam melalui macromedia flash. Game semacam ini akan menjadi lebih bermanfaat bagi anak didik dalam proses belajar mengajar baik di dalam maupun di luar kelas atau ruangan daripada game yang hanya menebak dan memerlukan insting untuk menjawabnya seperti game berupa kuis who wants to be a millionaire.Soal yang disajikan tidak hanya soal matematika SD saja, tapi soal -soal mulai tingkatan SD, SMP, SMA, sampai PT akan menjadi lebih baik dan menarik untuk para pengunjung tingkatan tersebut. Game matematika akan sangat menarik apabila terdapat tantangan dalam proses menemukan jawabannya dan terdapat gambar-gambar, kode, atau simbol-simbol yang mendukung ditemukannya jawaban game tersebut.

  8. pembelajaran matematika yang berupa game akan membuat anak-anak menjadi lebih mengerti tentang materi yang diberikan oleh guru. game yang menarik akan membuat pelajaran menjadi tidak membosankan sehingga anak-anak akan mulai suka pada pelajaran matematika yang biasanya mereka anggap sulit. mereka tidak hanya tahu cara memecahkan masalah-masalah tentang matematika tetapi juga memahami konsep yang dapat digunakan untuk pelajaran lain.
    sebaiknya pembelajaran berupa game tidak hanya untuk pelajaran matematika saja, tetapi juga diterapkan untuk pelajaran lain dan sebisa mungkin dibuat lebih menarik lagi.

  9. Soal yang disajikan seharusnya bukan hanya soal matematika SD saja. SD,SLTP,SMA dan perguruan tinggi seharusnya juga bisa karena kalau hanya soal matematika SD trus apa kah SMP,SMA dan perguruan tinggi tidak pantes belajar game tentang soal matematika.menurut saya SMP,SMA dan perguruan tinggi juga perlu karena Pengembangan game ini didanai oleh Dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengembangan Teknologi

  10. menurut saya, tampilan dari blog ini sangat sederhana, sangat polos dan kurang menarik perhatian pengunjung. lebih baik layoutnya harus lebih dimodifikasi sehingga lebih indah dan menarik. jika terlalu sederhana akan cenderung membosankan. isi dari blog juga harus lebih ditingkatkan karena isinya terlalu sedikit dan monoton. terus, untuk gamenya, saya merasa kesulitan untuk mendownload padahal saya cukup tertarik sama game yang dituliskan mengadaptasi dari kuis who want to be a millionaire, tetapi saya kecewa karena tidak bisa memainkan game tersebut. tolong diberi petunjuk cara mendownload gamenya. hal ini akan berguna bagi seluruh pengunjung blog ini dan para pengunjung akan lebih tertarik untuk membuka karena cara mengaksesnya lebih mudah.

  11. Ide yang sangat bagus, seperti yang kita ketahui bahwa pelajaran matematika menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siswa. Dengan memanfaatkan Tekhnologi yang semakin berkembang lalu memodifikasi menjadi sebuah game matematika yang dapat memacu mengkobinasikan kemampuan intelektual (teori-teori matematika) dan motorik diharapkan mampu meningkatkan minat siswa dalam proses belajar. Jadi dengan adanya game matematika diharapakan dapat mengubah interpretasi awal tentang matematika sebagai momok bagi siswa menjadi pelajaran yang menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Mudah-mudahan saja game ini bisa benar-benar terealisasikan.

  12. Game yang disajikan jangan hanya seperti kuis who wants to be a millionaire.Tapi bisa juga membuat game yang inovatif dan dapat menarik minat siswa matematika.contohnya game yang berhubungan dengan tebak-tebakan/teka-teki silang logika matematika.Karena biasanya siswa SD menyukai hal-hal yang berbau tebak-tebakan.Dan juga membuat game matematika yang di hubungkan dengan kehidupan nyata.Contohnya seperti game membuat proyek rumah/sebagai arsitektur.dalam game membuat proyek rumah siswa di ajak untuk berfikir membuat satu rumah dimana dia harus menentukan bahan baku apa saja yang digunakan,berapa luas rumah yang ingin di bangun lalu menghitung total biaya keseluruhan untuk menghasilkan satu rumah yang diinginkan.

  13. Saya sangat setuju dengan diadakannya pakarTI game. dengan demikian mahasiswa tidak jenuh dan sesekali dapat bermain game seperti kuis Who Wants To Be A Millionaire. PakarTI game ini bisa menjadi selingan dan sebagai sarana refreshing bagi mahasiswa. Namun dampak buruk dari pakarTI game ini adalah mahasiswa menjadi lebih sering bermain daripada membuka blog-blog yang lain.

  14. saya sangat setuju dengan diadakannya pakarTI game, mungkin dengan pakarTI game cara engeksplore matematika terhadap siswa bisa lebih mengena…
    namaun alangkah baiknya pakarTI game tidak hanya difokuskan kepada soal-soal matematika SD saja, mungkin bisa dikembangkan pada tingkat SMP atau SMA
    sehingga siswa tidak jenuh dengan model pembelajaran yang berupa teori.

  15. seperti yang telah kita ketahui,matematika adalah mata pelajaran yang dianggap paling sulit.Padahal bila kita mempelajari konsep dasar matematika terlebih dahulu maka dalam aplikasinya akan semakin mudah.Namun dalam kenyataannya,pendidik sangat kesulitan dalam mengajajarkan konsep pada anak didiknya.Menurut saya dengan pakarti game ini,diharapkan dapat membantu pendidik dalam mengajarkan matematika pada siswa.Dalam pakarti game ini disajikan soal-soal matematika dari konsep yang paling dasar,sehingga bila siswa memainkan game ini,secara tidak langsung siswa juga belajar matematika.Selain itu,menurut saya banyak sekali keunggulan-keungulan pakarti game ini,diantaranya belajar matematika bukanlah suatu hal yang membosankan, karena dalam pakarti game ini pelajaran disajikan dalam bentuk permainan.Sehingga belajar matematika tidak perlu harus memeras otak tapi juga merilekskan otak.Dengan bermain pakarti game tidak hanya membantu siswa dalam menaikkan akademisnya tetapi juga dapat mengurangi kenakalan-kenakalan siswa yang lain.Karena bila siswa benar-benar fanatik pada permainan ini dampak yang diakibatkan sangat baik,dibandingkan permainan yang lain.Jadi saya sangat setuju dengan adanya pakarti game ini dan saya juga memberikan tambahan bagaimana kalau soal-soal dalam pakari game ini dibuat lebih variatif dan teknik permainannya juga dibuat lebih variatif.Hal ini digunakan untuk mengantisipasi kebosanan pada pemakai pakarti game ini.

  16. bagi kebanyakan orang matematika adalah salah satu mata pelajaran yang menakutkan atau tergolong salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan.padahal semua tidak semuanya benar, sehingga perlu dibuat semenarik mungkin agar orang suka pada mata pelajaran matematika.
    saya setuju jika ada suatu game matematika karena jika matematika disajikan dalam bentuk game maka orang tidak akan merasa bosan justru malah sebaliknya matematika akan menjadi lebih menarik jika disajikan dalam bentuk game.namun menurut saya game matematika ini soal-soal yang disajikan jangan hanya soal matematika SD saja tetapi,lebih melihat siapa yang ikut dalam game tersebut.jika yang mengikuti game itu adalah mahasiswa misalnya sebaiknya materi SMP & SMA juga diikutsertakan karena dengan begitu akan lebih mengasah kemampuan kita.

  17. Saya sangat setuju dengan adanya game matematika ini……
    dengan adanya game matematika ini akan membuat seseorang menjadi semakin senang belajar matematika…..
    apalagi siswa SD, yang masih suka main….. membuat siswa SD tidak jenuh saat belajar matematika…..
    jadi game ini bisa membuat orang berfikir, ternyata matematika itu menyenangkan…….

  18. Game yang dibuat cukup menarik dan secara tidak langsung dapat menambah pengetahuan kita.Game juga dapat menarik perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan karena mereka akan merasa tertantang untuk menyelesaikan Game tersebut.Namun,Game yang dibuat sebaiknya tidak hanya terfokus pada konsep materi yang disampaikan melainkan bagaimana suatu konsep atau teknik yang kita miliki dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  19. Pembelajaran dengan menggunakan Game dapat menarik perhatian siswa.Selain itu siswa akan merasa lebih giat dan tertantang untuk menyelesaikan Game yang dibuat sehingga mereke lebih mengerti pada konsep materi yang disampaikan.Namun.Game ini juga memiliki kelemahan karena jika siswa terlalu asyik bermain Game,mereka akan malas untuk membaca buku panduan sehingga secara tidak langsung mereka kurang menguasai konsep materi yang sebenarnya.

  20. assalamualaikum wr. wb.
    menurut saya blog ini sudah bagus tapi… perlu ada peningkatan misalnya diberi animasi atau apa gitu…
    dan kalau bisa dibuat game yang lain yang lebih menarik lagi…
    trmksh…
    wassalam

  21. Saya kurang setuju dengan Blog diatas. Seharusnya yang dijadikan model soal bukan hanya dari soal-soal SD saja. Tetapi juga soal-soal untuk SMP dan SMA. Hal ini dikarenakan agar kita memperoleh pengalaman yang lebih banyak. Selain itu, kreativitas-kreativitas mahasiswa dapat tersalurkan dengan baik karena adanya program tersebut.

  22. Pengembangan game matematika yang didanai oleh Dikti melalui Program Kreatifitas Mahasiswa Pengembangan teknologi (PKMT), merupakan program yang sangat menyenangkan, walaupun soal yang diberikan adalah soal matematika SD, namun game matematika dirasa lebih mudah dimengerti, karena soal matematika dalam bentuk game sangat menarik dan menyenangkan. Sehingga game matematika sangat bermanfaat jika kita terapkan dalam proses belajar dan pembelajaran.

  23. menurut saya dengan menggunakan soal-soal tingkat SD lebih mudah penyelesaiannya,sehingga akan menarik minat banyak pihak dan pesertanya akan lebih banyak. Akan tetapi sebagai saran juga menggunakan soal-soal tingkat SMP, menurut saya hal tersebut lebih menantang dan lebih memancing peserta untuk giat berlatih sehingga akan berjuang untuk menjadi yang terbaik.

  24. blog pakar TI game sangat berguna. dengan blog ini kita bisa bermain game sambil belajar. game matematika yang terinsfirasi dengan Who wants to be a Millionaire?mungkin dapat menjadi sarana belajar yang baik terutama bagi anak SD. tapi demi menarik perhatian, harus lah pakar TI game dilengkapi dengan kelebihan – kelebihan yang dapat menarik minat untuk bermain sambil belajar di blog ini. haruslah tampilan blog ini ditmbah dengen gambar – gamba yang sekiranya dapat menarik semua orang untuk mengakses blog ini.

  25. Game memang sangat penting untuk soal atau pelajaran matematika, karena matematika bagi sebagian orang mungkin adalah suatu hal yang sulit dan menakutkan sehingga dibutuhkan sesuatu yang bisa menarik perhatian. Dengan mengadopsi hal yang seru di TV biasanya orang akan lebih tertarik, seperti Who wants to be a Milionare mungkin akan membantu dalam pengajaran matematika.

  26. Komentar saya mengenai pakarTI game ini adalah saya sangat setuju sekali dengan pakarTI game. Karena pakarTI ini berupa game, game matematika yang terinspirasi oleh kuis kuis Who wants to be a Millionaire. Dimana kita mengenal matematika adalah ilmu yang sangat sulit, membosankan dan penuh dengan rumus-rumus, mungkin dengan adanya pakarTI game ini matematika bisa menjadi sesuatu yang lebih menarik dan mengasyikan. Kita menjadi lebih tertantang untuk menyelesaikan soal-soal matematika karena kita juga merasa tertantang dengan permainan yang digunakan untuk mencari penyelesaiannya. Oleh karena itu mungkin pakarTI game ini adalah cara yang paling tepat untuk menarik perhatian agar orang lebih suka belajar matematika. Tetapi menurut saya kalau bisa materi yang disajikan jangan materi SD saja,tetapi materi SMP, SMA dan PT.

  27. Komentar:
    Game tersebut layak sebagai media pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif, dalam artian media ini dapat menciptakan suasana belajar siswa SD yang tidak membosankan. selain itu juga dapat digunakan sebagai media informasi, media belajar interaktif, pengalaman, sekaligus pengisi waktu luang anak SD menjadi berguna.

    Kritik:
    Tidak ada spesifikasi khusus game tersebut ditujukan untuk anak SD tingkat berapa. Game yang bertemekan ” Who Wants to be a Millionare ” hanya sebatas memilih dua pilihan : ” benar / salah “, hal ini kurang efektif bila digunakan untuk mengasah ketajaman berfikir anak SD.

    Saran :
    Sebaiknya game tersebut dispesifikasikan lagi untuk anak SD tingkat berapa, mengingat tingkat kemampuan anak SD berdasarkan kelas berbeda-beda atau buat soal yang berlaku umum. Kebanyakan yang membuka situs blog adalah usia remaja, jadi kurang efektif bila game tersebut hanya ditujukan untuk anak SD. Sebaiknya buat game yang ditujukan untuk semua umur.

  28. Pak, saya sebagai seorang Mahasiswa Matematika dengan adanya Blog TI ini tentang “game” masih sesuai dengan kebutuhan Mahasiswa. Dengan game kita bisa mengasah otak dan bisa berimajinasi yang sesuai dengan karakter Mahasiswa Matematika. Saya sangat setuju dengan adanya Blog TI tentang game. Dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

  29. Menurut saya, pengadaan PakarTI berupa Game sangat cocok digunakan untuk mata pelajaran Matematika.
    Hal ini juga dapat membuat Matematika lebih menarik untuk dipelajari dan tidak selalu dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan dan sulit dipahami.
    Untuk sasaran pengadaan Game, saya rasa jangan hanya pada materi soal SD tetapi juga pada soal SMP dan SMA. Karena dalam materi SMP dan SMA terdapat beberapa materi yang dirasa sulit untuk dipahami jika hanya mengandalkan penjelasan dari guru.
    Game Matematika yang akan dibuat juga diharapkan lebih bervariasi. Tidak hanya soal multiple choice tetapi juga soal-soal uraian, dengan penjelasan yang lengkap jika jawaban siswa salah.
    Atau juga berbentuk game adventure dimana dalam setiap petualangannya terdapat permasalahan Matematika.
    Dengan ini pasti siswa akan menjadi lebih senang belajar Matematika.
    Terima kasih.

  30. Menurut saya program ini merupakan program yang sangat baik dan sangat perlu dikembangkan.misalnya dalam program ini terdapat kuis Who Wants To be a Millionaire, dengan dikembangkannya kuis ini,maka menurut saya masyarakat dapat memperoleh pengetahuan yang luas,karena dalam kuis ini tersaji pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Sehingga para peserta yang mengakses program ini dapap mengembangkan dan mengasah otak mereka untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan. Selain itu mereka juga akan mengetahuihal-hal yang baru dari kuis ini.
    Namun dalam hal ini menurut saya, pertanyaan yang disajikan diusahakan tidak hanya tingkat SD saja, tetapi juga lebih baik menyajikan soal yang setingkat SMP, SMA dan tingkatan yang lebih luas lagi, karena dalam hal ini yang mengakses program ini tidak hamya anak SD, tetapi juga masyarakat umum lainnya.
    Sedikit masukan dari saya,untuk program ini disarankan tidak hanya menyajikan game yang berhubungan dengan quis saja,tetapi lebih baik juga diusahakan menyajikan game yang lebih menantang dan menarik lagi yang mampu mengasah otak para pengakses dan tidak membosankan.

  31. Nama : Ratna Dwi W.
    NIM : 070210101087
    Jurusan/Prodi : Pend.MIPA/Pend.Matematika

    Dengan adanya pakarTI game ini, mahasiswa diajak untuk kreatif dalam bidang TI selain itu dapat membantu siswa SD agar tertarik dalam belajar matematika yang menurut mereka matematika adalah pelajaran yang paling susah. Sehingga pakarTI game membantu para guru matematika pada khususnya dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Jadi, para guru memiliki model-model pembelajaran yang lain yang lebih bervariasi dan menarik siswa untuk mempelajarinya.

    Saran saya, karena basis TI ini dimasukkan atau divariasikan terhadap pelajaran, maka game yang disajikan juga harus berbeda sehingga siswa tidak bosan. Selain itu juga memperkaya wawasan dalam pembelajaran para guru.

  32. Setelah mengakses program ini,menurut saya program ini sangat baik dan cocok untuk dikembangkan. diadakannya program ini yang terinspirasi oleh kuis who wants to be a millioner yang didalamnya terdapat soal-soal yang diambil dari materi MTK SD,dengan ini para pengakses akan merasa program ini bisa dipakai untuk metode belajar yang lain ,yang tidak ada rasa bosan.Soal-soalnya tentang pengetahuan khususnya tentang matematika,disini para pengakses akan merasa terdorong lagi untuk berusaha belajar dan belajar lagi,untuk menambah/memperbanyan lagi pengetahuan yang dimiliki.sehingga dengan mencoba soal-soal yang terdapat dalam program ini,saya merasa dapat mengasah otak untuk menemukan jawaban yang tepat.menurut saya manfaat yang lain juga dapat menambah pengetahuan yang dimiliki oleh para pengakses.
    saran saya,lebih baik soal yang disajikan tidak hanya dari materi anak SD saja.karena pihak pengakses bukan hanya dari kalangan SD. menurut saya,sebaiknya juga diadakan game-game yang lebih menarik dan menantang serta tidak membosankan,sehingga nantinya dapat digunakan sebagai alternati belajar yang lain.

  33. pak, dengan adanya game matamatik suasana belajar samakin berbeda.
    masukan :salain tekateki silang kita mengharapkan ada game yang lain, utunk game tekateki silang tersendiri menurut saya bagus, tetapi saat melakukan cek jawaban tidak ada respon terhadap jawaban saya.

  34. ass.pak saya ingin memberi sedikit komentar tentang game pakarti khususnya game teka-teki silang.menurut saya dari segi pendidikan memang sangat bagus karena dapat meningkatkan pengetahuan siswa atau mahasiswa.dan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam game itu juga cukup menantang untuk dipecahkan.jadi siswa akan lebih tertantang untuk mencari solusi.tapi saya akan memberi sedikit kritikan yang membangun,menurut saya visualisasi game itu masih kurang menarik karena hanya dalam 2 dimensi tanpa animasi2 tertentu.jadi kalau boleh saya kritik,game itu untuk lebih menarik mungkin diberi animasi dalam 3 dimensi seperti adanya efek2 animasi gambar serta kalau bisa saya sarankan ada suara audio yang mendukung.jadi kalau ada animasi dan suara seseorang akan lebih senang dan tertarik.mungkin saya bisa membantu dengan mengisi suara atau membuat animasi2 dari program macromedia flash atau program2 yang saya bisa.jadi game itu lebih bagus ada pemandu seperti animasi seorang presenter quis yang membantu kita dalam menjawab teka-teki yang akan dipecahkan.

  35. Assalamualaikum wr wb
    saya akan memberi pujian dan sedikit kritik tentang blog pakarTI kususnya GAME. Saya sudah membuka dan memainkan GAME teka teki,disini saya amat tertarik dengan setiap pertanyaan yang ada,karena saya dapat bernostalgia dengan materi-materi lama dan dapat mengingatkan otak saya akan materi-materi yang telah lalu. Tapi saya agak kurang tertarik dengan tampilan GAMEnya yang menurut saya kurang modern dan masih kaku,mungkin untuk yang bersangkutan bisa lebih memodernkan GAMEnya,supaya blog pakarTI banyak yang akses.
    terima kasih,sekian sedikit saran dan kritik dari saya.
    assalamualaikum wr wb

  36. Program ini sangat membantu para siswa, terutama bagi mereka yang menyukai pelajaran matematika. Para siswa dapat sedikit bersantai dengan beramain game, namun di sisi lain mereka tetap belajar serta menerapkan konsep matematika yang telah mereka pelajari di sekolah. Dengan demikian, anggapan umum tentang matematika yang “sulit” akan sedikit berkurang. Para siswa dapat belajar sambil bermain matematika melalui program ini. Tetapi, karena program ini hanya dapat di akses melalui internet, maka tidak semua siswa dapat menggunakannya, karena adanya keterbatasan sarana serta kemampuan mengakses internet. selain itu, program ini juga perlu untuk dikembangkan lebih lanjut serta lebih variatif untuk siswa yang ingin “belajar sambil bermain”. Terima kasih.

  37. Game yang disajikan jangan hanya seperti kuis who wants to be a millionaire.Tapi bisa juga membuat game yang inovatif dan dapat menarik minat siswa matematika.contohnya game yang berhubungan dengan tebak-tebakan/teka-teki silang logika matematika.Karena biasanya siswa SD menyukai hal-hal yang berbau tebak-tebakan.Dan juga membuat game matematika yang di hubungkan dengan kehidupan nyata.Contohnya seperti game membuat proyek rumah/sebagai arsitektur.dalam game membuat proyek rumah, siswa di ajak untuk berfikir membuat satu rumah dimana dia harus menentukan bahan baku apa saja yang digunakan,berapa luas rumah yang ingin di bangun lalu menghitung total biaya keseluruhan untuk menghasilkan satu rumah yang diinginkan.

  38. AsSalamualaikuM…, game yang ditampilkan sudah lumayan sich,.. tapi kayakx kurang menantang dan kurang inovatif. Mungkin bisa diisi dengan game yang harus dipecahkan dengan penalaran dan butuh kejelian,apalagi kan kita disini udah jadi mahasiswa,so… butuh game-game yang bisa meningkatkan cara berpikir yang kritis..ThaNks…!!

  39. Saya rasa pakarTI Game, yang dibuat oleh para guru dalam rangka metode pembelajaran sangat baik diterapkan. Sebab cara ini sangat efisien apalagi dalam pelajaran matematika membutuhkan penerapan secara langsung agar lebih menarik dan mudah dimengerti.

  40. memang game matematika sangat baik untuk menghilangkan kejenuhan atau kebosanan siswa sekaligus akan memberikan manfaat karna selain menghilangkan kejenuhan itu sendiri game matematika juga dapat mengasah kemampuan para pemain dalam memecahkan soal atau menjawab pertanyaan secara tepat dan cepat. saran untuk PakarTI game akan lebih baik jika game matematika ini tidak hanya dalam ruang lingkup soal-soal matematika SD saja melainkankan juga soal-soal SMP dan SMA yang akan memberikan pengetahuan yang lebih bagi para pemainnya.

  41. assalamualaikum.wr.wb
    komentar saya buat pakarTI game ini, saya rasa cukup baik karena dengan adanya game matematika akan meningkatkan daya berfikir yang mengedepankan pada logika dan memajukan daya nalar individu. Tapi yang ada disini mengapa hanya game yang berbau soal matematika SD padahal alangkah baik apabila game ini berlaku untuk semua umur dan tingkatan/ jenjang pendidikan. alasan saya cukup sederhana saja yaitu lebih ke semua orang bisa menikmati game ini. Ada lagi, yakni dalam pembuatan soal harus yang menarik mungkin dan dapat menjadikan orang yang mengerjakannya seoptimal mungkin berpikir secara logis dan merasa senang waktu mengerjakan. Sehingga meninggalkan kesan yang bagus untuk matematika itu sendiri. Pesan saya game yang sudah dibuat tadi bisa diakses pada pakarTi ini, karena saya lihat pada contoh pakarTI ada teka-teki yang sempat di akses teman saya, namun saya sendiri sampai sekarang masih belum bisa mengaksesnya, mengapa hal ini bisa terjadi?. Saya ucapkan terima kasih pada bapak edy yang telah meluangkan waktunya untuk membuat blog ini yang bertujuan membantu mahasiswa dalam memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran.
    wassalamualaikum.wr.wb

  42. Menurut pendapat Saya mengenai game Teka teki silang sangat membantu Pelajar untuk mengingat atau mengetahui hal-hal yang baru. Dan saya sangat mendukung program game ini agar terus dikembangkan. Dengan harapan semua pelajar di Indonesia menyenangi game ini.

  43. game ini sudah cukup menarik tapi sayangnya cuma di sajikan buat anak-anak SD saja, sedangkan yang masuk dalam situs ini tidak hanya anak SD saja. Untuk itu di harapkan penyajiannya lebih di beragamkan, artinya tidak hanya di peruntukkan bagi anak-anak SD saja melainkan juga buat yang lainnya, selain itu variasi model dari jenis gamenya perlu lebih di beragamkan, sehingga kami sebagai menikmat situs mempunyai banyak pilihan memilih jenis game apa yang di inginkan. misalnya saja kita membut model game baru seperti permainan monopoli dan lain sebagainya.

  44. Mendidik anak SD untuk menyukai pelajaran matematika memang bukan pekerjaan yang mudah karena bagi mereka pelajaran matematika adalah pelajaran yang menakutkan. Menurut saya dengan adanya games ini dapat membantu guru-guru, terutam saya yang mulai belajar mengajar dengan ‘ngelesi’, dalam mengatasi masalah tersebut. Namun hendaknya games ini tidak hanya terinspirasi dengan dengan acara dalam televisi saja tetapi juga dapat diambil dari kreativitas guru sendiri. Selain itu, games ini hendaknya disajikan tidak hanya untuk anak SD tetapi juga untuk SLTP, SMA, guru, dan umum.
    Games juga dapat diambil dari permainan tradisional seperti dakon atau remi. Saya pernah mencobakannya pada murid les saya dan mereka sangat tertarik dan dapat membantu mereka dalam memahami materi matematika tersebut.

  45. Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang ditakuti para siswa oleh karena itu memang dibutuhkan suatu game yang mampu menarik perhatian para siswa agar lebih tertarik untuk belajar matematika. Sehingga pakar TI yang merupakan suatu media yang biasa diakses oleh guru dan calon guru matematika harus mampu memberikan contoh game seperti yang dimaksud di atas, game yang mampu membuat siswa merasa enjoy belajar matematika agar para guru mampu mencontoh game tersebut dalam pembelajaran.
    Game tidak harus berisi pejaran matematika, namun harus juga berisi pengetahuan umum lainnya yang tidak dipelajari dalam dunia matematika agar para guru matematika tidak ketinggalan informasi.

  46. Coment:
    Wah menarik sekali, sekali lihat and baca2 blog ini saya langsung tertarik dengan game milionaire versi edukasi ini, pasti sangat menyenangkan bisa bermain game dan secara tidak langsung bisa menambah pengetahuan.

    kritik:
    sebelumnya saya minta maaf, saya tidak tahu apakah ini saya yang gaptek atau memang keadaanya yang demikian. Saya kesulitan untuk bisa mendownload game milionaire ini, setiap saya klik “klik” untuk mendownload game ini, yang muncul adalah “kita upload.com”. di ” kita upload.com”, downloader diminta mengupload file. nah, file itu maksudnya file apa? yang pasti file game milionaire yang dimaksud kn! lalu bagaimana kita memperoleh file tersebut untuk bisa diupload?

    saran:
    Untuk mempermudah pendownload’an game ini sebaiknya digunakan sistem klik saja. maksudnya, seperti yang digunakan pada game teka-teki silang yang saya temukan dalam blog ini, cukup dengan meng-klik link ” teka-teki silang” proses download langsung muncul dan downloader tinggal menunggu saja proses download tersebut selesai.

    masukan:
    tidak banyak masukan dari saya, saya mendukung sepenuhnya program pembelajaran melalui game ini karena memang sangat bagus, dapat dikatakan bisa menyelam sambil minum air, tp g sampai kembung lho!!🙂
    oy.. begini masukan saya, bagaimana kalau dibuat program melalui makromedia flash atau java atau sejenisnyalah yang pasti para pakar-pakar TI yang baca tulisan ini sudah lebih tahu, lebih ahli dan lebih paham daripada saya yang gaptek ini. hehe..,
    begini, programnya adalah membantu pembelajaran SD maupun SMP mungkin juga bisa dikembangkan untuk SMA maupun PT mengenai visualisasi bangun-bangun ruang. jadi dalam program ini masalah-masalah yang perlu dijelaskan dalam bangun ruang seperti:
    jaring-jaring, rusuk, asal-muasal rumus luas, asal-muasal rumus volum, diagonal-diagonal, diagonal bidang, bidang diagonal dan lain-lainya dapat divisualisasikan dalam bentuk animasi yang menarik dalam program ini. pastinya selain memudahkan belajar, gurupun yang menggunakan program ini akan dimudahkan dalam kegiatan mengajar karena tidak perlu membawa alat peraga yang merepotkan. saya menyadari, memang bicara itu mudah melakukannya yang sulit, namun ini hanyalah sebuah masukan mau dilaksanakan atau tidak it’s okay, terserah yang punya blog. hmm…, saya kira sekian saja masukan dari saya semoga membantu dalam pengembangan blog ini.

    Pertanyaan:
    Apakah game milionaire ini memang sudah selesai?
    maksudnya memang sudah bisa di download? kalau sudah bisa bagaimana sih sebenarnya caranya?
    tolong dibantu ya!

  47. Saya setuju dengan adanya blog pakarti game ini karena dengan adanya pakarti game ini siswa SD yang awalnya tidak menyukai pelajaran matematika bisa menjadi suka pelajaran matematika karena didalamnya terdapat game tersebut.
    Sekedar menambahkan saja mengapa pakarti game ini hanya ditujukan pada siswa SD saja????????
    Saran saya sebaiknya blog pakarti ini juga ditujukan pada siswa SMP maupun siswa SMA.

    Terima kasih ^_^

  48. Saya sangat setuju dengan adanya pakarTI Game,pakarTI game yang berupa kuis Who Wants to be a Millionaire dapat digunakan refreshing..
    Menarik sekali apabila pembelajaran matematika dibuat game atau permainan..Seperti yang kita ketahui matematika dari dulu dianggap sebagai “momok”.Maka dengan dibuat Game siswa akan merasa tertarik untuk lebih tahu apa sich matematika itu?????????
    Tapi sayangnya kenapa Gamenya hanya ditujukan untuk siswa SD ajah????????
    Siswa SD dan SMP kan juga perlu…
    Misalnya bangun ruang yang berdimensi 3 kan juga perlu adanya Game agar siswa lebih bisa mempelajarinya secara nyata nggak hanya sekedar membayangkan ajah…

    Makasih…..

  49. Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya game pakarti ini dapat menarik minat siswa untuk mempelajari matematika karena siswa dapat belajar sambil bermain sehingga siswa tidak merasa bosan untuk belajar matematika. Dan pembelajaran matematika yang berupa game akan membuat anak-anak menjadi lebih mengerti tentang materi yang diberikan oleh gurunya dan juga game yang menarik ini akan membuat pelajaran menjadi tidak membosankan sehingga siswa akan suka pada pelajaran matematika yang mereka anggap sulit. Isi dari blog juga harus lebih ditingkatkan karena isinya akan lebih menarik pengunjung jika sering di perbaharui dan di up date sesering mungkin.Oh ya kalau bisa ada juga isi dari blog bapak tentang tutorial membuat game matematika meskipun game yang sederhana.

  50. Assalamuallaikum Wr.Wb

    Pertama tama saya mengucapkan rasa syukur atas kehadiran tuhan yang maha esa yang telah memberikan kesehatan kepada saya sehinga saya dapat melaksanakan tugas akhir dari mata kuliah pengantar teknologi informasi dengan baik.
    Maka dari ini saya memberikan komentar tentang blog pakarti ini.
    Menurut saya game yang ditampilkan dalam blog ini kurang menarik karena permainan yang di sajikan terlalu umum di kenal banyak orang.salah satu contohnya adalah permainan jcroos atau teka teki silang,permainan tersebut sudah sering kita lihat ataupun sering kita kerjakan meskipun dalam game yang ada di blog ini sedikit berbeda yang memberikan pertanyaan dalam dalam ruang lingkup matematika saja.
    kalau boleh memberikan saran sebaiknya soal soal atau pertanyan dalam teka teki silang tersebut di buat lebih membuat menantang atau membuat penasaran bagi yang mencobanya,salah satu contohnya memberikan soal yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari hari dan lebih inofatif dan tentunya pasti masih berkaitan dengan ilmu matematika

    Dan ada satu hal lagi tampilan dalam blog ini juga kurang menarik karena kurang memberikan suatu back ground yang membut mata pengunjung lebih tertarik.Sekian komentar dari saya

    Wassalamuallaikum Wr.Wb

  51. Menurut saya blog ini sangat baik karena sudah banyak kita tahu bahwa persepsi tentang pelajaran matematika itu kurang baik.Banyak orang menganggap matematika itu pelajaran yang sulit,menakutkan,dan kurang di sukai oleh kebanyakan orang.Mungkin dengan adanya game ini akan banyak membantu apalagi untuk anak SD yang notabenya suka dengan permainan.Keuntungan adanya pakarTI berupa game ini sangat banyak sekali salah satunya akan memberikan suasana yang lebih menyenangkan,dapat lebih menarik siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajran sehingga ada dampak positif bagi nilai siswa.Untuk saran sebaiknya blog tidak hanya untuk anak SD,lebih luas aja karena kami2 juga berminat dalam game permainan.Demikian komentar saya,,Trima kasih

  52. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pertama kali saya mengunjungi blog ini, saya merasa kurang tertarik karena tampilan background blog ini hanya polosan tidak terdapat sesuatu (seperti gambar) yang dapat membuat pengunjung tertarik pada blog ini dan pada metematika. Menurut saya blog ini lebih baik diberi background atau yang lainnya yang dapat menunjukkan suatu ciri khas matematika yang dapat menarik minat pengunjung terhadap matematika dan blog ini.
    Ide tentang game who want to be a millionaire

  53. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pertama kali saya mengunjungi blog ini, saya merasa kurang tertarik karena tampilan background blog ini hanya polosan tidak terdapat sesuatu (seperti gambar) yang dapat membuat pengunjung tertarik pada blog ini dan pada metematika. Menurut saya blog ini lebih baik diberi background atau yang lainnya yang dapat menunjukkan suatu ciri khas matematika yang dapat menarik minat pengunjung terhadap matematika dan blog ini.
    Ide tentang game who want to be a millionaire menurut saya sangat bagus dan kemungkian besar dapat membuat pengunjung tertarik pada blog ini sehingga game yang masih belum bisa dimainkan tolong secepat mungkin diperbaiki sehingga para pengunjung dapat menikmati layanan game dari blog ini.
    Satu hal lagi tolong proses “Up Load” yang ada di setiap hiperlink dikurangi karena tidak setiap pengunjung mengerti apa itu “Up Load”, Tapi kalau tidak bisa dikurangi tolong dikasih penjelasan tentang fungsi dari “Up Load” tersebut

  54. Siti Solha_050210101012 berkata:

    Wah, menarik sekali yah PakarTI yang ditampilkan dalm bentuk game seperti ini. Jadinya tuh, jika materi disajikan seperti ini bisa mengubah persepsi matematika yang menakutkan menjadi menyenangkan. Sehingga dengan PakarTI game seperti ini anak2 menjadi berminat belajar matematika dan harapannya hasil belajar matematikanya ntar jadi lebih baik. Dan kayaknya perlu juga dikembangkan PakarTI seperti ini untuk siswa SMP dan SMA….

  55. menurut pendapat saya, dengan adanya pakarti ini, khususnya mengenai game yang beraspirasi pada kuis who whants to be a millioner tentu saja sangat menarik. pada umumnya matematika adalah mata pelajaran yang di takuti oleh siswa dan kebanyakan siswa tidak menyukai mata palajaran matematika, hal ini manjadikan kejenuhan bagi para siswa. tetapi dengan adanya pakarti game ini, tentu saja siswa akan lebih enjoy dalam belejar sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar. tetapi kenapa game ini hanya dirancang untuk anak SD saja?menurut saya jenjang pendidikan yang lebih tinggi seprerti SMP, SMA, dan PT juga tertarik dengan game ini. sekian komentar dari saya, terima kasih.

  56. Menurut saya blog ini cukup menarik untuk di simak. karena di blog ini kita di disuguhkan ilmu pengetahuan namun dalam bentuk game. sehingga kita bisa menambah pengetahuan kita tanpa harus memeras otak yang ekstra. Namun sayangnya, game yang disuguhkan masih terbatas pada tingkat SD saja. sehingga kurang sedikit menantang mahasisswa untuk memecahkan soal-soal pada game tersebut.

  57. titis ainur rohmah_050210191161 berkata:

    nama : titis ainur rohmah
    nim : 050210191161
    prodi : pendidikan matematika

    Assalamuallaikum WB

    1.mengenai blog ini, menurut saya blog ini sudah bagus dan bermanfaat banget karena bisa menambah pengetahuan pengakses blognya dengan melihat-melihat blog yang tersedia seperti blog pakat TI game ini.
    2.mengenai blog pakar TI game ini, wah saya terkesan banget dengan pakat TI game ini yaitu game who want to be milionere versi edukasinya.Jadi dengan game itu kita bisa menguji siswa kita tetapi tidak membuat siswanya gugup seperti kalo ujian biasa malah bisa bikin mereka tertarik dalam mengerjakannya.tetapi masih ada kekurangannya yaitu waktu kita mau mendownload game ini masih susah,saya saja harus minta game ini ke teman saya dulu yang berhasil mendownload game ini karena saya sendiri gagal mendownloadnnya.

  58. assalamuallaikum WB

    saya sangat berterima kasih dengan adanya blog pakr TI ini,karena sangat membantu pengaksesnnya juga memberi pengetahuan pada pengaksesnyya mengenai pakar TI-pakar TI.saya sangat suka dengan pakar TI game tersebut,jadi dalam mengajarkan matematika kita bisa membuat berbagai macam pakar TI seperti game milionnere dan teka-teki silang untuk membantu siswa juga meninggkatkan daya kreatifitas mereka.sekalian meninggalkan kesan bahwa matematika juga menyenangkan dan tidak membosankan dengan cara dibuat game tersebut.Tapi blog ini masih da kekurangannya yaitu waktu saya mau mendownload game milionnere dan teka-teki silang tersebut masih susah jadi perlu usaha ekstra untuk itu.jadi blog ini perlu ditingkatkan kemudahannya dalam mengakses dan mendownload seseuatu apa lagi bagi orang pemula yang baru mengerti internet atau blog.sekian dulu komentar saya mengenai blog ini.

    wss wb

  59. “pakarTI berikut berupa game. Game matematika yang terinspirasi oleh kuis Who wants to be a Millionaire? Soal yang disajikan adalah soal matematika SD. Pengembangan game ini didanai oleh Dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengembangan Teknologi (PKMT)”
    _-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_
    ???????????????????????????????????????????????????????????????????????

  60. Cara baru belajar matematika……….. bermain dan juga belajar.,
    tapi tidak harus berhenti sampai disini, masih perlu inovasi-inovasi game yang lain yang dapat dikembangkan agar pengguna tidak hanya disuguhi game itu itu saja….

    Dalam laboratorium matematika terdapat banyak permainan produk mahasiswa, nah… permainan tersebut mungkin dapat dikomputasi dalam komputer, Misalnya PETA HARTA KARUN (opersi pada pecahan).

  61. RENYagustina_050210101361 berkata:

    Dengan adanya game matematika ini, peserta didik tidak akan merasa takut atau bosan dengan yang namanya MATEMATIKA.Bahkan mereka akan berkata: “mathematics is my favourite subject”.Akan tetapi, perlu adanya pengembangan lagi, untuk subbahasan yang lainnya.Trus semangat menjadikan matematika digemari oleh para siswa bahkan smua orang

  62. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Pertama kali saya mengunjungi blog ini, ada beberapa hal yang sedikit mengecewakan bagi saya yaitu antara lain :
    1. Tampilan background yang hanya polosan, sehingga kurang menarik dilihat
    2. Game who Wants to be a millioner sebenarnya merupakan ide yang sangat bagus, tapi yang sangat disayangkan adalah gamenya tidak bisa dimainkan
    3. Yang terakhir adalah terlalu banyaknya hyperlink yang mengharuskan melakukan up load, karena tidak semua pengunjung mengetahui fungsi dari up load itu.
    Dan saran saya dari apa yang telah saya kamentarkan tadi adalah :
    1. Lebih baik blog ini diberi background yang berhubungan dengan matematika sehingga kiri khas matematika akan lebih tampak dan para pengunjung akan lebih menyukai pelajaran matematika.
    2. Gamenya harus sesegera mungkin diperbaharui sehingga para pengunjung dapat menikmati fasilitas ini secepat mungkin dan soal-soalnya sebaiknya tidak hanya soal untuk siswa SD tapi juga untuk siswa SMP dan SMA sehingga pengunjungnya tidak terbatas hanya pada siswa SD
    3. Sebaiknya proses up loadnya dikurangi tapi jika hal ini tidak bias dilakukan sebaiknya diberi petunjuk tentang Proses up load tersebut

    Hanya ini yang bisa saya komentarkan, selebihnya saya mengucapkan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  63. Assalam…
    “GAME UNTUK BELAJAR, BELAJAR MELALUI GAME”
    Mungkin kata-kata itu yang pas buat blog pakarTI game ini, blog ini menunjukkan pada kita bahwa belajar tidak harus dengan membaca buku atau mendengarkan pelajaran di kelas, namun belajar biasa melalui game dan game bisa untuk belajar. Seharusnya, kurikulum pembelajaran kita, menyertakan metode pembelajaran melalui game.

    Pada umumnya tujuan dari bermain game adalah untuk bersenang-senang, mencari dunia lain, atau bahkan hanya sekedar melepas kejenuhan yang notabenya tidak terarah pada manfaat yang bersifat akademis ( mendukung proses belajar siswa ). Padahal, dari sebuah game bisa diambil pelajaran atau, kita bisa belajar melalui game…
    Di Indonesia banyak jenis multiplayer game atau game-online sudah beredar, diharapkan kedepan blog ini mampu menyajikan game-game pembelajaran yang sifatnya universal, dapat diterima dan dinikmati oleh semua kalangan, khususnya guru dan pelajar/mahasiswa…
    Ex: Game-game Tycoon termasuk game yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar. Inti dari permainan Tycoon adalah bisnis dan manajemen. teman saya pernah bercerita salah satu game Tycoon (saya lupa nama gamenya), yang mengangkat cerita tentang industri peralatan kamar mandi. Dalam game tersebut kita diajak untuk mengatur berbagai macam department yang ada di perusahaan, seperti: SDM, Keuangan, Produksi, Pemasaran, dan Riset. Game ini cocok untuk dijadikan bahan pelajaran kuliah Manajemen. [keeren kan, game ini]?

    NB:
    Ciri-ciri game yang dapat diterima oleh gamer Indonesia pada umumnya adalah: Game tanpa mikir berat, game dengan grafis yang bagus, game dengan skenario yang menarik, atau bila ada, game yang erotis [jangan diterapkan dalam game media pembeljaran lhooo ;)]

    Semoga dengan adanya blog pakarTI game ini,dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia, dan merubah paradigma para gamer tentang game, “Game untuk belajar, belajar melalui Game”.
    Sukses terus pakarTI,.. Wassalam…

  64. taufik hidayat 050210191106 berkata:

    selain soal perlu juga adanya materi pelajaran yang disajikan sebelum soal-soal dimulai, dan kalau biasa kita juga sediakan untuk yang tingkat smp dan sma juga pak

  65. angga maulana_0502010191147 berkata:

    ass wb
    pakar TI game bagus banget n gamenya menarik sekali.game tersebut dapat membuat siswa lebih semangat mengerjakan soal-soal matematika dan juga membuat mereka lebih santai mengerjakan soal dan tidak tegang.

  66. Kreatif.,.,.,:-) Kalau mengatakan game “”tidak inovatif”” itu keliru, setiap membuat game butuh proses untuk menjadi ‘^lebih menarik dan sempurna^’.
    Saran saya., sebaiknya dikembangkan juga untuk sasarannya., yaitu untuk siswa SMP, SMA, ataupun Mahasiswa (sebagai refresing jika jenuh dengan pembelajaran metode konvensional).
    Mengenai “basic game” yang menggunakan kuis, bisa juga dengan “Film Kartun “ex.Naruto, Detective Conan, Avatar and others. Karena banyak juga dari kalangan pelajar bahkan mahasiswa gemar menonton film2 tersebut.
    Misalnya nih.,.,
    Saat Conan menyelesaikan suatu kasus, disitulah kita harus menemukan jawaban (hasil akhir kasus) dengan mengerjakan soal-soal yang diberikan. Dan soal itu bisa ada pada “alibi” setiap orang yang dicurigai sebagai pelaku.
    Jika “orang tersebut (yang dicurigai)” memberi jawaban “A^ sedang kita menghitung dan menghasilkan jawaban “B^(kita harus yakin jawaban kita benar) maka dia pelakunya., namun jika jawaban sama “A^ (jawaban kita dipastikan adalah jawaban yang benar) maka bukan dia Pelakunya.,.,.:-(
    Oke, sampai sini dulu, Arigatoo.,.,.,.

  67. Assalam,

    Game matematika memang sangat dbutuhkan apalagi pelajaran metematika merupakan salah satu pelajran yang diaggap sulit oleh siswa. guru dituntut bisa mengajarkan matematika dengan cara menyenangkan, misalnya dengan game matematika. oleh karena itu, saya berharap di blog ini juga disediakan sarana untuk mendownload artikel cara membuat game matematika dan situs-situs yang mempermudahkan pengunjung untuk mendownload software gratis yang berhhubungan dengan pembuatan game matematika tersebut serta informasi-informasi lain mengenai perkembangan dunia pendidikan dengan berbantuan komputer.
    Trims

  68. Assalam mualaikum wr.wb
    sebelumnya saya minta Maaf Pak! Saya tidak bisa mendownload hasilnya dari pakar Ti GAME? sudah saya coba BERKALI-KALI tapi tetap tidak bisa. Ada komentar, Download file salah, jadinya kami g bisa ngomentarin hasil PakarTI GAME tersebut. kalo boleh & ada waktu tolong diperbaiki supaya kami mudah dlm membacanya, dan kami bisa secepatnya dowload filenya.

    ada beberapa hal yang sedikit mengecewakan bagi saya yaitu antara lain :
    Game who Wants to be a millioner sebenarnya merupakan ide yang sangat bagus, tetapi sangat disayangkan adalah gamenya tidak bisa dimainkan karna sy tidak bisa Download pakarTI tersebut sehingga tidak bisa memberikan komentar.
    atas perhatiannya terimakasih.
    Wassalam mualaikum wr.wb

  69. deky arifin 050210101301 berkata:

    pakarti

    dengan adanya game pada pembelajaran matematika, akan mengurangi rasa jenuh dan takut akan pelajaran matematika seperti yang selama ini terjadi pada siswa, tapin menurut saya gamenya masih kurang sesuai dengan jurusan FKIP P.Matematika, karena lulusannya ditekankan untuk ngajar SMP atau SMA. alangkah lebik baik jika gamenya yang berhubungan dengan SMP atau SMA

  70. sangat membantu untuk dapat memperbaiki game matematika…
    skripsi saya, ingin saya bukukan pak,,,

    “the development of mathematic media by Computed assisted learning with bilingual based instruction in chapter solid figure/polyhedron for junior high school”

    jadi,proses pembuatan sampai akhir ingin saya terbitkan jadi buku…
    mohon bimbingannya.

  71. game flash g seru coz g bisa nyimpan data base. dan lagi bila yang ditampilkan amat sederhana karena si pembuat yang belum terlau pandai grafis. sehinggga diperlukan keahlian khusus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s