Evaluasi Pakarti –Perangkat Ajar berbasis TI-

Pembelajaran Berbantuan Komputer, selanjutnya ditulis PBKom, merupakan salah satu matakuliah dengan bobot 2 SKS yang disajikan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika PMIPA FKIP Universitas Jember.

Setelah menempuh matakuliah PBKom, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi dalam hal merancang dan mengembangkan pakarti –perangkat ajar berbasis TI- terutama pembelajaran matematika sekolah terkait dengan profesinya kelak sebagai pendidik.

Perkuliahan dilaksanakan melalui pemaparan teori di kelas dan praktikum di laboratorium komputer. Paparan teori dilakukan dua dosen pembina secara tim, yaitu oleh Edy Wihardjo dan Dafik. Praktikum dilakukan di laboratorium komputer UPT TI Universitas Jember dibimbing oleh asisten. Asisten adalah mahasiswa senior yang telah menempuh matakuliah PBKom dengan nilai minimal B dan telah mengikuti pelatihan asisten.

Pada awal semester, 67 mahasiswa pendidikan matematika reguler membagi diri menjadi 28 kelompok, dengan anggota 2-3 mahasiswa. Di akhir, salah satunya yaitu kelompok 10 membubarkan diri, tanpa konfirmasi, dan anggotanya bergabung ke dalam kelompok lain. Sehingga hanya tersisa 27 kelompok.

Dari ke-27 kelompok tersebut, hingga batas akhir pengumpulan 30 November 2008, terdapat 1 tugas dari kelompok 3 yang belum diterima.

Dengan demikian, praktis hanya 26 tugas yang diterima. Dari ke-26 tugas, hanya 1 kelompok yang memilih mengembangkan pakarti menggunakan program PowerPoint, yaitu kelompok 26. Selebihnya, mengembangkan pakarti menggunakan Flash.

 Salah satu diantaranya, CD pakarti kelompok 18 tidak bisa dijalankan (dioperasikan). Kemungkinan besar karena CD belum di-burn. Nampak dari permukaan CDnya yang masih mulus belum tergores.

 Adapun prosedur penilaian sebagai berikut:

Pertama, memeriksa kondisi CD pakarti. Apakah di-labeli atau tidak? Apakah dikemas dalam CD case atau tidak? Ternyata, sebagian besar tanpa label dan ‘telanjang’. Jelas tidak mematuhi prinsip ekonomi, yaitu nilai suatu barang berbanding lurus dengan kemasannya. Apalagi layak jual. Jangan terlalu berharap orang lain menghargai karya anda, jika anda sendiri kurang menghargainya. Sedemikian mahalkah label dan casing CD?

Kedua, memeriksa apakah CD bersifat autorun (berjalan dengan sendirinya) atau tidak dengan memasukkan CD ke CD drive. Tujuh kelompok diantaranya gagal, yaitu kelompok 1, 2, 6, 15, 17, dan 26. CD pakarti empat kelompok tidak autorun, yaitu kelompok 6, 15, 17, dan 26, karena ternyata tidak terdapat file Autorun.inf. Sedangkan di CD kelompok 1 dan 2, terdapat file Autorun.inf tapi tidak berfungsi. Kemungkinan karena nama file atau pengalamatannya tidak match.

Sebagai catatan, pakarti yang dikembangkan menggunakan program PowerPoint-pun sebenarnya bisa dijalankan secara autorun yaitu dengan mem-publish sebagai packet for CD. Coba juga dengan men-save as (menyimpannya sebagai) file PowerPoint Show dengan ekstensi .pps. Bukan PowerPoint Presentation dengan ekstensi file .ppt. Kemudian mengaktifkannya melalui file Autorun.inf.

Ketiga, memeriksa apakah pakarti ditampilkan secara fullscreen atau tidak? Pakarti empat kelompok diantaranya tidak, yaitu kelompok 2, 15, 17, dan termasuk kelompok 26 karena ditampilkan di dalam window program PowerPoint.

Keempat, memeriksa kelengkapan file. Sebagaimana tertera di buku ajar PBKom, file yang disertakan antara lain: pakarti –dalam format file EXE, FLA, SWF, dan HTML–, panduan penggunaan (manual user’s guide) –dalam format file DOC dan atau PDF–, serta file Autorun.inf.

Kelompok yang telah menyertakan file panduan dalam format PDF adalah: kelompok 5, 7, 8, 9, 15, 16, 20, 22, 24, 27, dan 28. Sedangkan kelompok 6, 7, 16, 17, dan 25 tidak menyertakan file panduan dalam format DOC, serta kelompok 15 tanpa file pakarti dalam format HTML dan EXE.

Kelima, memeriksa buku panduan. Panduan yang disarankan sebagaimana tertera di buku ajar PBKom, dicetak dalam format buku (BOOKFOLD). Namun, ternyata 15 diantaranya yaitu kelompok 1, 2, 8, 11, 15, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 26, 27, dan 28, berupa format PORTRAIT. Sebelas yang lain sudah, yaitu kelompok 4, 5, 6, 7, 9, 12, 13, 14, 16, 17, dan 25, sudah format LANDSCAPE. Kendati belum seluruhnya format buku. Beberapa diantaranya di-print satu sisi lalu di-lem, atau di-print satu sisi lalu di-tekuk, atau di-print bolak-balik, dipotong jadi dua bagian, lalu distaples, atau di-print, dipotong dan disusun seperti buku lalu di-copy. Baca lagi panduannya atau bertanyalah pada kelompok 5, 6, 9, 12, 13, dan 17 yang sudah mampu mencetak dalam format bookfold.

Evaluasi awal ini hanya memeriksa ‘kulit luar’, belum termasuk konten panduan dan pakarti.

Pengumuman

1.        Ulasan evaluasi tugas PBKom bisa dibaca di blog http://pakarti.wordpress.com.

2.       Mahasiswa hanya diperkenankan merevisi bagian-bagian yang belum memenuhi ketentuan.

3.       Batas akhir pengumpulan revisi Sabtu, 27 Desember 2008 pada koordinator kelas.

KEL

ANGGOTA 1

ANGGOTA 2

ANGGOTA 3

R1

BIRUL ALIM

AYU YUSTICA

NILA RAHAYU

R2

RANDI PRATAMA

SITI ROHMAWATI

 

R3

UMMUL KHAIR

LUTFI DESIYANTI

DEKY ARIFIN

R4

 RINA DWI SETIYOWATI

EKA FITRI DAMAYANTI

ZAINUL IMRON

R5

NUNIK PUTERI I

MUNIRUL FIRMA WATI

 

R6

BENI ARI WIBOWO

MUHAMAD FARID SYAKIR

 

R7

NIKMATUL RAHMAH

MITRA BUDI SURYANI

 

R8

MUH FUADI FARHAN

WAHYU PRASTYO

 

R9

VERA CIPTA DEWI

 LAILATUSSAADAH

 

R10

DWI LESTARI

HUDAN AHSANI

 

R11

ANDI HAKIM R

EKO PRASETYO

JATMIKO BUDI SUSILO

R12

NUR IMAWATI

YUAN EGA SUKARNO P

 

R13

SITI SOLHA

FAIS SATUR ROHMAH

EKA FITRIATUN K N

R14

DIRGAHAYU DIAN D

HARDINI

 

R15

RIANA FAUZIAH

IVO OKTORA ALMAIDA

 

R16

 IBNU YUSUF

AFIF ALFA ROBI

NGALIM KUATNO

R17

DINAWATI ANGGARANI

INAR YULIAN DWI U

 

R18

 ARI SETYOWATI

SITI NUR AINI

RIRIS RATY RAHMAD

R19

YENI ANGGRAENI

YUNIAR SILANINGTYAS

 

R20

ENDRA BAGUS DWI S

ANDRIAN AGA PUTRA

YOSIKA METYAWATI

R21

IRES ORINYU

ABDUL LATIF HODIRI

SITTY YULIANA

R22

VINI AMANIYAH

HELMI SINTOWATI

DIQNA MAISARAH

R23

FIKRI APRIYONO

AZZA TRI MAULANA

ACHMAD YUSUF HR

R24

ALFAN AZIZI

ABDUL HAMID N

HUDAN AHSANI

R25

FENI ZAHMI

 RENI FITA MEGAWATI

 

R26

ENY HERAWATI

MOH RAHMAN WIJAYA

 

R27

WAROKOH IBNU NOVAL

AHMAD MAJID ARROSYID

 

R28

 PRISTIAN ANGGRIANI

ENGGELIA DWI ENDI P

DWI LESTARI

 

28-1

28-1

13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s