abstrak penerapan pakarTI

Penerapan pakarTI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika1

oleh: Edy Wihardjo2, Insri Windarti3, Mohammad Subarno4

2Dosen pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember, peneliti 1

3 dan 4Guru Matematika SMPN 5 Jember, peneliti 2 dan 3

PakarTI (Perangkat Ajar Berbasis Teknologi Informasi) adalah suatu perangkat ajar yang memanfaatkan keunggulan komputer sebagai penyaji materi pembelajaran dan dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa.

PakarTI dikembangkan oleh mahasiswa yang menempuh matakuliah Pembelajaran Berbantuan Komputer dengan bimbingan Peneliti 1. Pengembangan didanai oleh Ditjen Dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa. PakarTI telah dipresentasikan pada PIMNAS tahun 2006 dan meraih penghargaan setara perak.

Draf 1 pakarTI dikonsultasikan pada Dewan Pakar (Pakar Teknologi Pembelajaran, Materi Pembelajaran, dan Algoritma Pemrograman). Berdasarkan masukan mereka, pakarTI direvisi menjadi draf 2.

Kemudian, draf 2 pakarTI dinilai oleh 2 Guru Matematika, yaitu Peneliti 2 dan Guru Matematika SMPN 1 Jember. Penilaian mereka menjadi dasar perbaikan menjadi draf 3 pakarTI.

Selanjutnya, draf 3 pakarTI diujicobakan pada 9 subjek uji yang ditentukan oleh Peneliti 3 berdasar nilai Matematika, keseimbangan jumlah siswa dan siswi, serta mewakili kelompok rendah, sedang dan tinggi. Berdasarkan pengamatan pelaksanaan ujicoba dan wawancara dengan subjek uji, dilakukan perbaikan akhir menjadi pakarTI.

Sejumlah manfaat telah diraih melalui penelitian ini. Pertama, bagi tim Pengembang merupakan pengalaman praktis mengembangkan pakarTI sebagai penerapan teori yang dipelajari pada matakuliah PBKom. Kedua, bagi Peneliti sebagai landasan penelitian lanjutan penerapan pakarTI dengan melibatkan lebih banyak subjek uji. Ketiga, bagi Guru Matematika sebagai media pembelajaran siap pakai atau materi pengayaan.

Keempat, bagi siswa. PakarTI merupakan perangkat ajar alternatif yang dapat dipelajari secara mandiri, sebagai pelengkap sajian materi pembelajaran oleh Guru. Secara umum subjek uji mendukung penerapan PakarTI, mereka mengatakan: “…belajar melalui komputer enak, santai, dan bisa diulangi lagi dari awal yang tidak mengerti”. Bahkan salah seorang mengatakan, “Seandainya di sekolah kami ada komputer yang khusus untuk pelajaran matematika kami sangat senang”.

Kelima, bagi Sekolah. PakarTI merupakan perangkat ajar inovatif bagi kegiatan belajar mengajar. Pihak sekolah menyarankan perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan melibatkan lebih banyak subjek uji. Sebagai sarana pendukung, SMPN 5 Jember telah memiliki Laboratorium Komputer terdiri dari 20 unit komputer.

1disajikan pada prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Sabtu, 21 Juni 2008.

11 thoughts on “abstrak penerapan pakarTI

  1. Regita Gustitira Pertiwi berkata:

    Menurut pendapat saya, Pakar TI dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Hal ini dapat kita temukan dari manfaat pakar TI diatas. baik bagi siswa sendiri maupun guru untuk mendapatkan pengalaman dan juga sebagai materi pengayaan. Maka dari itu di harapkan pakar TI akan lebih di tingkatkan program kerjanya, agar semua dapat mendapatkan manfaatnya.

  2. Arif Nurdiansyah berkata:

    Menurut pendapat saya, saya sangat setuju karena TI selain dapat memberikan manfaat bagi tim Pengembang, Peneliti, tetapi juga memberikan manfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Manfaat yang paling penting dari TI yakni bagi siswa karena TI merupakan perangkat ajar alternatif yang dapat dipelajari secara mandiri dan bersifat enak, santai, dan bisa diulangi dari awal yang tidak dimengerti. Serta bagi guru Matematika yakni sebagai media pembelajaran siap pakai atau materi pengayaan.

  3. Prastio Pintono berkata:

    Menurut saya, dengan adanya penerapan pakar TI dalam pembelajaran, dapat membantu guru lebih mudah dalam pengajarannya karena pakar TI merupakan perangkat alternatif yang dapat dipelajari secara mandiri, sebagai sistem pelengkap sajian materi pembelajaran oleh guru yang bersifat enak, santai, dan bisa diulang dari awal. selain itu pakar TI dapat membuat siswa lebih kreatif dan tidak bosan dalam pembelajaran tersebut.

  4. Eva Dwi Ningtyas berkata:

    Menurut saya, pakar TI berperan aktif dalam proses pembelajaran karena dapat menjadi media dalam mengembangkan kualitas pembelajaran. Selain itu, pakar TI juga dapat sebagai media pembelajaran siap pakai atau materi pengayaan. Secara umum pakar TI merupakan perangkat ajar alternatif yang dapat dipelajari secara mandiri, perangkat ajar inovatif bagi kegiatan belajar mengajar, sehingga bisa efektif dan efisian terhadap pembelajaran tersebut.

  5. Sandi Kurniawati Iftitah berkata:

    Saya setuju dengan adanya pakar TI. Menurut saya pakar TI (Perangkat Ajar Berbasis Teknologi Informasi) memang perlu diterapkan atau dilakukan dalam pembelajaran. Mengingat saat ini kemandirian siswa lebih dilibatkan dalam proses belajar mengajar. Teknologi juga semakin canggih jadi dengan adanya pakar TI proses belajar mengajar lebih mudah, baik guru maupun siswa dapat memanfaatkan media pembelajaran khususnya pakar TI agar kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien.

  6. Nur Hidayah Tri Istifaroh berkata:

    Menurut pendapat saya, dengan adanya pakar TI sekarang ini, mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah. Karena pakar TI banyak memberikan pengaruh positif terhadap dunia pembelajaran khususnya bagi siswa dan guru. Pakar TI juga sangat efektif sekali karena dapat mengubah belajar yang membosankan menjadi menyenangkan, enak, santai dan bisa di ulangi lagi dari awal yang tidak mengerti sehingga pakar TI banyak membantu menyukseskan pendidikan.

  7. Wike Indriati berkata:

    Menurut saya, pakar TI merupakan aset terbesar yang sangat canggih dalam proses pembelajaran, karena pakar TI mampu mengontribusi berbagai keunggulan dan manfaat yang hanya diperuntukan bagi siswa dan guru saja namun sekolah juga. Pakar TI ini sebagai perangkat ajar yang alternatif dan inovatif bagi kegiatan belajar mengajar yang dapat dipelajari secara mandiri dalam pembelajaran oleh guru. Sehingga penerapannya mudah diterima oleh siswa dan guru.

  8. DIAS PUTRI YUNIAR berkata:

    Menurut saya, TI memang mampu mengembangkan kualitas pembelajaran, sebab TI memberikan banyak manfaat yang dapat mempermudah proses pembelajaran. selain mengikuti arus jaman , TI juga ,membuat cara belajar yang mudah, santai dan enak. semoga Ti dapat memberikan pelayanan yang dibutuhkan manusia sehingga dapat menjadi bahan pengayaan informasi.

  9. Zumrotul Muzdalifah berkata:

    Menurut saya, dengan adanya Pakar TI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di sekolah. Karena PakarTI merupakan perangkat ajar alternatif yang dapat dipelajari secara mandiri, sebagai pelengkap sajian materi pembelajaran oleh Guru, dan Pakar TI juga sangat efektif sekali karena dapat mengubah belajar yang membosankan menjadi menyenangkan, enak, santai dan bisa di ulangi lagi dari awal yang tidak mengerti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s