abstrak pengembangan pakarti bilingual

PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (PAKARTI) BILINGUAL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Edy Wihardjo , Annur Rofiq

ABSTRAK

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan perangkat ajar berbasis Teknologi Informasi atau pakarTI bilingual (dwi-bahasa), dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, matapelajaran Matematika SMP kelas VII semester 1.

Pengembangan pakarTI bilingual dimaksudkan untuk mendukung pembelajaran di Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan, diantaranya wawancara dengan guru matematika di kelas bertaraf Internasional di SMP Negeri 3 Jember, diperoleh suatu simpulan, perlu dikembangkan pakarTI bilingual matapelajaran matematika.

Sebagai upaya untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut dilakukan beberapa kegiatan. Pertama, tim peneliti mengembangkan pakarTI bilingual draf 1.0 menggunakan program utama Adobe Flash dan beberapa program pendukung.

Kedua, mengkonsultasikan pakarTI bilingual draf 1.0 pada dewan pakar terdiri dari pakar materi pembelajaran, pakar teknologi pembelajaran, pakar algoritma pemrograman, pakar bahasa Indonesia dan pakar bahasa Inggris. Kemudian, merevisi pakarTI bilingual menjadi pakarTI bilingual draf 2.0 berdasarkan saran dan masukan dewan pakar.

Ketiga, meminta tanggapan dan penilaian pada dewan guru terdiri dari 5 guru matematika (1 guru SMP Negeri 1 Jember, 2 guru SMP Negeri 3 Jember, dan 2 guru SMP Negeri 5 Jember). Selanjutnya, merevisi pakarTI bilingual menjadi pakarTI bilingual draf 3.0 berdasarkan tanggapan dan penilaian dewan guru.
Tahapan konsultasi dengan dewan pakar dan penilaian oleh dewan guru dilakukan pada saat pelatihan pengembangan pakarti bilingual.

Keempat, mengujicobakan pakarTI bilingual draf 3.0 pada 8 subjekuji yang mewakili kelompok rendah, sedang, dan tinggi. Kedelapan subjekuji dipilih berdasarkan masukan guru dan nilai matematika sebelumnya.

Kelima, melakukan revisi terhadap pakarTI bilingual draf 3.0 berdasarkan data observasi ujicoba dan hasil wawancara subjekuji menjadi pakarTI bilingual final.

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jember
Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Jember

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s