Bermain Tebak Bilangan

Pada bahasan sebelumnya, tebak bilangan, saya sudah memberikan tautan (link) untuk mengunduh atau memainkan file presentasi tebak bilangan.

Dalam artikel tersebut tidak (atau belum) diuraikan cara memainkan dan cara menebaknya, dengan asumsi peserta diklat telah memahami karena telah dibahas pada saat diklat.

Oleh karena itu, bagi peminat yang bukan peserta diklat, berikut saya bahas:

Cara Memainkan dan Menebak Bilangan

Pertama, minta kesediaan salah seorang peserta didik (atau audiens) menjadi sukarelawan yang akan ditebak tanggal dan bulan lahirnya. Sampaikan bahwa, Anda akan menayangkan beberapa kartu. Jika ia mendapati tanggal (atau bulan) lahirnya ditayangkan, minta ia mengatakan “Ada”, sebaliknya katakan “Tidak ada”.

Kedua, tayangkan kelima kartu, berupa slide presentasi, secara berurutan. Kemudian, mintalah pada sukarelawan mencermati tiap kartu yang ditampilkan. Demi kemudahan penamaan, saya menyebutnya berdasar pada bilangan yang tertera di sudut (pojok) kiri atas, yaitu kartu-1, kartu-2, kartu-4, kartu-8, dan kartu-16.

Untuk menebaknya, yang perlu Anda lakukan adalah menjumlahkan bilangan yang tertera di sudut (pojok) kiri atas dari tiap-tiap kartu, yaitu 1, 2, 4, 8, dan 16. Sebagai contoh, jika audiens menyebutkan “Ada” pada kartu-1 dan kartu-16, maka tanggal lahir audiens adalah 1+16=17.

Nah, mudah bukan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat kartu, silahkan pelajari disini.

Selamat belajar dan bermain.

[tweetmeme only_single=”false”]

3 thoughts on “Bermain Tebak Bilangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s